Tuesday, September 10, 2013

Pelangi Untuk Rida ~ karya : Luna Torashyngu



Judul          : Pelangi Untuk Rida
Penulis       : Luna Torashyngu
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Tebal          : 248 halaman, 20 cm

       Rida senang banget saat pindah ke SMA Widyapala, karena itu berarti dia bisa satu sekolah dengan Radith, cowok yang dikenalnya saat liburan. Tapi, Rida kaget setengah mati karena Radith nggak menganalinya! Rida jadi bingung dan sedih.
       Di tengah kebingungannya, Rida bertemu dengan teman-teman baru yang menyenangkan. Bahkan dia ditawari menjadi fotografer majalah sekolah, sesuai dengan hobinya.
       Nggak disangka, Radith juga kru majalah sekolah, membuat Rida sering bertemu cowok itu. Anehnya, Radith yang bersikap seolah baru mengenal Rida, malah nggak bisa menutupi rasa cemburunya saat tahu Rida dekat dengan Arbi, sang ketua OSIS. Rida sendiri merasa Radith menyimpan rahasia, terutama mengenai hubungan cowok itu dengan Adys, kakak kelas Rida yang juga teman dekat Radith sejak kecil.
       Ada apa dengan Radith? Mengapa sikapnya terhadap Rida berubah-ubah? Dan siapa Adys yang seakan mempunyai pengaruh besar dan membuat Radith selalu menuruti apa yang dikatakannya?
      
       Pelangi untuk Rida menceritakan tentang seorang remaja bernama Rida yang jatuh cinta pada seorang cowok benama Radith yang dikenalnya ketika ‘liburan’ bersama mamanya ke Purwokerto.
       Radith yang membuat Rida bahagia selama liburan tak terencananya itu berhasil membuat Rida ingin sekolah di bandung, tempat asal Radith yang ternyata juga sedang liburan di Purwokerto.
       Jadilah Rida pindah sekolah ke SMA Widyapala, yang merupakan sekolah Radith. Sayangnya, Radith bersikap seolah-olah dirinya belum pernah mengenal Rida. Bahkan, Radith nggak mau mengakui bahwa dia liburan ke Purwokerto saat liburan semester lalu.
       Tingkah laku Radith membuat Rida sedih dan bingung. Padahal Rida nggak tau bahwa sesungguhnya Radith juga mengalami kesedihan yang sama.
       Pelangi untuk Rida merupakan sebuah novel roman remaja yang berhasil dikemas secara unik oleh Luna Torashyngu. Selain itu Pelangi untuk Rida juga berhasil membawa makna-makna menarik yang dapat diambil dari cerita-cerita yang mengalir pada novel itu.
       Dengan jalan cerita yang menarik pembaca akan terbawa kedalam alur cerita yang menyenangkan, menegangkan dan menyebalkan. Namun, jangan kecewa bila alur selanjutnya tidak sesuai dengan tebakan yang muncul karna Pelangi untuk Rida merupakan novel yang susah ditebak jalan ceritanya. J

No comments:

Post a Comment